tips

Apa yang dilakukan jika Anda jenuh belajar bahasa Inggris

Apakah Anda pernah atau sedang jenuh belajar bahasa Inggris? Biasanya untuk yang tengah mengikuti kursus atau les bahasa Inggris dalam waktu yang cukup lama namun merasa belum mendapatkan kemajuan yang signifikan, akan merasakan hal ini. Jangan panik atau sedih, karena ini wajar. Bacalah tulisan ini hingga selesai untuk mengetahui apa yang seharusnya dilakukan jika hal ini terjadi pada Anda.

language-boredom

  1. Rehat dari rutinitas dan mencari cara baru. Jika Anda tengah mengikuti kursus di lembaga bahasa, ada baiknya Anda rehat dari kegiatan tersebut dan menggantinya dengan kegiatan lain yang bisa membuat Anda lebih rileks tanpa menghilangkan esensi belajarnya. Misal, Anda mengganti jam yang biasanya Anda habiskan di kelas dengan menonton film berbahasa Inggris, belajar dari internet, membaca buku, bersosialisai dengan orang asing, mengikuti kegiatan sosial yang melibatkan orang asing, atau sekadar hang out dengan teman Anda yang lebih jago berbahasa Inggris. Jika Anda tengah les dengan bantuan seorang guru, Anda bisa meminta guru Anda untuk rehat, atau lebih baik lagi, memberi masukan pada guru Anda untuk melakukan hal-hal yang berbeda atau tidak pernah dilakukan sebelumnya. Beberapa contoh telah disebutkan di atas. Atau… Hal sederhana seperti mentraktir makan guru Anda sambil mengobrol (tentu dalam bahasa Inggris) juga tak kalah seru!
  2. Tanyakan pada diri Anda: apakah saya sudah berusaha dengan keras? Sebelum Anda menilai bahwa kemampuan bahasa Inggris Anda diam di tempat, ada baiknya Anda menelaah secara obyektif apakah Anda telah berusaha keras dalam menguasainya. Karena tidak jarang banyak yang belum berusaha semaksimal mungkin namun menyerah di tengah jalan. Kabar buruknya, belajar bahasa (tidak hanya bahasa Inggris) butuh komitmen jangka panjang, bahkan seumur hidup. Seorang penutur asli (native speaker), seperti Anda sebagai penutur asli bahasa Indonesia, butuh seumur hidupnya untuk mahir di bahasa ibunya. Kabar baiknya, Anda bisa mengukur kemajuan belajar Anda secara obyektif dengan mengambil tes online, bertanya kepada teman yang lebih tahu ataupun guru Anda. Dengan begini Anda akan tetap termotivasi untuk terus belajar dan tidak menyerah.
  3. Tanyakan pada diri sendiri: apakah saya sudah belajar dengan cara yang saya mau? Seringkali hal-hal yang dilakukan dengan menyenangkan akan lebih berdampak ketimbang hal-hal yang tidak Anda sukai. Pastikan Anda belajar dengan cara atau pendekatan yang Anda pilih. Jika Anda gemar bersosialisasi, mengikuti kelas besar atau berkumpul bersama teman akan menjadi pilihan terbaik. Namun jika Anda lebih suka belajar sendiri, les privat atau belajar melalui internet bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Apapun caranya, yang terpenting adalah Anda menikmatinya.  

Pastikan proses belajar bahasa Inggris Anda tidak menjemukan. Hubungi kami di www.activeenglishbali.com dan informasikan kepada kami bagaimana kami bisa membantu Anda.

Jika tips ini bermanfaat, silakan bagikan kepada teman-teman Anda. Punya tips lain yang tak kalah bermanfaatnya? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini. Sampai jumpa!

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s